Visi dan Misi Perusahaan : Definisi, Arti Penting dan Komponen Pernyataan Visi dan Misi

Visi dan Misi Perusahaan : Definisi, Arti Penting dan Komponen Pernyataan Visi dan Misi



1. Pengertian visi dan misi
Visi adalah visi visioner tentang cita-cita dan gambaran yang ingin diwujudkan oleh suatu organisasi/organisasi di masa yang akan datang, sehingga dapat menjawab pertanyaan ingin menjadi organisasi/organisasi seperti apa. (David, Fred R., 2012)

Padahal misi memiliki arti yang harus dicapai oleh suatu lembaga/organisasi sesuai dengan visinya. (David, Fred R., 2012).
Visi adalah sekumpulan pernyataan yang mengungkapkan cita-cita atau impian yang ingin dicapai suatu organisasi atau perusahaan di masa yang akan datang. Atau bisa juga dikatakan bahwa visi adalah pernyataan tentang apa yang diinginkan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Visi juga penting untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan perusahaan dalam jangka panjang. (Wibisono, 2006)
Misi Menurut Whelan sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, hlm. 46-47), misi adalah rangkaian kalimat yang mengungkapkan tujuan atau alasan suatu organisasi, mewakili apa yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat. Jumlah produk atau layanan.


2. Misi Perusahaan: Pentingnya misi yang jelas, sifat misi, berbagai elemen pernyataan misi

A. Pentingnya misi yang jelas
Misi merupakan titik awal perencanaan kegiatan manajemen dan akhirnya untuk perancangan struktur manajemen, sehingga misi menjadi dasar bagi prioritas, strategi, rencana dan kegiatan kerja.
Pernyataan misi yang jelas sangat penting untuk menetapkan tujuan dan merumuskan strategi.
King dan Cleland merekomendasikan agar perusahaan membuat pernyataan misi karena alasan berikut:
  1. Untuk memastikan tujuan utama organisasi.
  2. Memberikan dasar atau standar untuk mengalokasikan sumber daya ke organisasi.
  3. Menciptakan kondisi atau iklim organisasi secara umum.
  4. Menjadi pusat orang untuk menetapkan tujuan dan arah organisasi.
  5. Memfasilitasi penerjemahan tujuan ke dalam struktur kerja yang memberikan penugasan bagi unsur-unsur tanggung jawab dalam organisasi.
  6. Ini memberikan tujuan utama organisasi dan kemampuan untuk menerjemahkan tujuan utama ini menjadi target sehingga parameter waktu, biaya dan kinerja dapat diukur dan dikelola.

B. Sifat misi
Sebuah pernyataan misi lebih dari sebuah pernyataan rinci dan spesifik. Tujuan misi yang unik dan ruang lingkup operasi dalam hal produk dan kebutuhan pasar. Misi strategis memberikan gambaran umum tentang produk yang ingin diproduksi oleh perusahaan dan pasar yang akan dilayaninya dengan menggunakan kompetensi inti internalnya.
Misi yang efektif akan menciptakan orang dan menginspirasi, memotivasi, dan relevan bagi pemangku kepentingan.
Karakteristik misi harus mencerminkan hal-hal berikut:

a) Pernyataan Posisi Misi adalah pernyataan posisi dan visi dengan cakupan yang luas, meliputi:
  • Pernyataan misi yang baik memungkinkan manajemen untuk merumuskan dan mempertimbangkan tujuan dan strategi alternatif yang layak tanpa mengorbankan kreativitas. Misi yang terlalu spesifik dan membatasi potensi pertumbuhan organisasi terlalu umum dan membuat strategi alternatif tidak efektif.
  • Pernyataan misi harus cukup luas untuk menjembatani perbedaan pendapat secara efektif dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Kelompok kepentingan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh strategi organisasi, tetapi tuntutan dan ide yang berbeda seringkali bertentangan.
  • Misi yang efektif harus menciptakan perasaan dan semangat positif dalam organisasi.
  • Memotivasi dan mendorong tindakan.
  • Ini menciptakan kesan bahwa organisasi berhasil, memiliki arah, dan layak mendapatkan waktu, dukungan, dan investasi penuh dari semua pemangku kepentingan.
  • Misi juga harus dinamis dalam orientasinya.
b. Berorientasi pelanggan, pernyataan misi yang baik menggambarkan tujuan utama, pelanggan, produk, pasar, filosofi, basis teknologi. Misi yang baik harus:
  • Mencerminkan harapan pelanggan, selalu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan, dan kemudian memberikan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Pernyataan misi, yang mendefinisikan kegunaan produk bagi pelanggan, berfokus pada fungsi atau kegunaan atau kebutuhan, bukan produk.
c. Pernyataan kebijakan sosial (social responsibility) adalah posisi tertinggi dari filosofi dan pemikiran para pendiri organisasi dan manajemen. Strategi untuk isu-isu sosial harus relevan tidak hanya untuk pemangku kepentingan, tetapi juga untuk pelanggan, pecinta lingkungan, kelompok minoritas, publik dan kelompok lainnya. Kebijakan sosial secara langsung mempengaruhi pelanggan, produk, pasar, teknologi, profitabilitas, persepsi diri, dan citra publik. Kebijakan sosial harus diintegrasikan ke dalam semua kegiatan manajemen strategis, termasuk pengembangan misi.

C. Elemen yang berbeda dari pernyataan misi
David, Fred R, (2009:102) menyatakan bahwa misi perusahaan memiliki sembilan karakteristik yang harus diringkas dan karena misi perusahaan merupakan bagian dari proses manajemen strategis yang harus dikomunikasikan kepada publik, misi perusahaan mencakup sembilan elemen utama :
  1. Pelanggan: Pernyataan misi harus dengan jelas menyatakan siapa pelanggan produk perusahaan.
  2. Produk atau Layanan: Dalam hal ini, perusahaan harus menentukan produk atau layanan mana yang diproduksi oleh perusahaan.
  3. Pasar: Pernyataan ini menjelaskan di pasar mana produk perusahaan akan bersaing dengan produk pesaing.
  4. Teknologi: Pernyataan misi mengarahkan arah pengembangan teknologi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.  
  5.  Kepedulian untuk kelangsungan hidup, pertumbuhan dan keuntungan:  Dalam hal ini, pernyataan misi mengartikulasikan komitmen terhadap kemampuan perusahaan untuk bertahan, tumbuh, dan menghasilkan laba (profitabilitas). 
  6.    Filosofi: Pernyataan misi akan menjelaskan keyakinan, nilai, aspirasi, dan prioritas etika perusahaan.  
  7.  Konsep diri: Misi akan menjelaskan apa perbedaan kemampuan perusahaan  dibandingkan dengan para pesaingnya. 
  8.  Kepedulian terhadap citra publik: Misi akan menunjukkan apakah perusahaan menanggapi isu-isu sosial, sosial dan lingkungan. 
  9.  Kepedulian terhadap karyawan: Dalam hal ini akan menjadi pernyataan misi  Ini menunjukkan apakah karyawan merupakan aset berharga perusahaan.



LihatTutupKomentar