Visi dan Misi Perusahaan : Definisi, Arti Penting dan Komponen Pernyataan Visi dan Misi
Padahal misi memiliki arti yang harus dicapai oleh suatu lembaga/organisasi sesuai dengan visinya. (David, Fred R., 2012).
Visi adalah sekumpulan pernyataan yang mengungkapkan cita-cita atau impian yang ingin dicapai suatu organisasi atau perusahaan di masa yang akan datang. Atau bisa juga dikatakan bahwa visi adalah pernyataan tentang apa yang diinginkan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Visi juga penting untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan perusahaan dalam jangka panjang. (Wibisono, 2006)
Misi Menurut Whelan sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, hlm. 46-47), misi adalah rangkaian kalimat yang mengungkapkan tujuan atau alasan suatu organisasi, mewakili apa yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat. Jumlah produk atau layanan.
- Untuk memastikan tujuan utama organisasi.
- Memberikan dasar atau standar untuk mengalokasikan sumber daya ke organisasi.
- Menciptakan kondisi atau iklim organisasi secara umum.
- Menjadi pusat orang untuk menetapkan tujuan dan arah organisasi.
- Memfasilitasi penerjemahan tujuan ke dalam struktur kerja yang memberikan penugasan bagi unsur-unsur tanggung jawab dalam organisasi.
- Ini memberikan tujuan utama organisasi dan kemampuan untuk menerjemahkan tujuan utama ini menjadi target sehingga parameter waktu, biaya dan kinerja dapat diukur dan dikelola.
- Pernyataan misi yang baik memungkinkan manajemen untuk merumuskan dan mempertimbangkan tujuan dan strategi alternatif yang layak tanpa mengorbankan kreativitas. Misi yang terlalu spesifik dan membatasi potensi pertumbuhan organisasi terlalu umum dan membuat strategi alternatif tidak efektif.
- Pernyataan misi harus cukup luas untuk menjembatani perbedaan pendapat secara efektif dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Kelompok kepentingan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh strategi organisasi, tetapi tuntutan dan ide yang berbeda seringkali bertentangan.
- Misi yang efektif harus menciptakan perasaan dan semangat positif dalam organisasi.
- Memotivasi dan mendorong tindakan.
- Ini menciptakan kesan bahwa organisasi berhasil, memiliki arah, dan layak mendapatkan waktu, dukungan, dan investasi penuh dari semua pemangku kepentingan.
- Misi juga harus dinamis dalam orientasinya.
- Mencerminkan harapan pelanggan, selalu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan, dan kemudian memberikan produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
- Pernyataan misi, yang mendefinisikan kegunaan produk bagi pelanggan, berfokus pada fungsi atau kegunaan atau kebutuhan, bukan produk.
- Pelanggan: Pernyataan misi harus dengan jelas menyatakan siapa pelanggan produk perusahaan.
- Produk atau Layanan: Dalam hal ini, perusahaan harus menentukan produk atau layanan mana yang diproduksi oleh perusahaan.
- Pasar: Pernyataan ini menjelaskan di pasar mana produk perusahaan akan bersaing dengan produk pesaing.
- Teknologi: Pernyataan misi mengarahkan arah pengembangan teknologi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
- Kepedulian untuk kelangsungan hidup, pertumbuhan dan keuntungan: Dalam hal ini, pernyataan misi mengartikulasikan komitmen terhadap kemampuan perusahaan untuk bertahan, tumbuh, dan menghasilkan laba (profitabilitas).
- Filosofi: Pernyataan misi akan menjelaskan keyakinan, nilai, aspirasi, dan prioritas etika perusahaan.
- Konsep diri: Misi akan menjelaskan apa perbedaan kemampuan perusahaan dibandingkan dengan para pesaingnya.
- Kepedulian terhadap citra publik: Misi akan menunjukkan apakah perusahaan menanggapi isu-isu sosial, sosial dan lingkungan.
- Kepedulian terhadap karyawan: Dalam hal ini akan menjadi pernyataan misi Ini menunjukkan apakah karyawan merupakan aset berharga perusahaan.